Resep Memasak Tempe Mendoan

Resep Memasak Tempe Mendoan - Saya lahir dan di besarkan di Purwokerto yang di mana daerah asal penghasil Tempe Mendoan, makan sehari-hari tidak jauh dari mendoan. Siang dengan mendoan, sering juga makan malam lauknya dengan mendoan. Karena Tempe mendoan di Purwokerto adalah tempat aslinya.... dan mendoan tidak hanya untuk cemilan saja namun bisa juga untuk lauk.

Resep Memasak Tempe Mendoan

Mendoan berbahan kedelai asli dan memerlukan cetakan khusus, mendoan memakai tempe khusus yang lebar dan tipis, jadi tidak perlu di iris.

Mendoan sendiri berasal dari kata "mendo" yang berarti dalam bahasa banyumas (dialek yang dipakai di kawasan purwokerto adalah bahasa banyumas, yang terkenal dengan kata "medok") yang artinya setengah matang. Jadi mendoan itu adalah tempe yang digoreng tepung setengah matang.

Jadi tidak ada mendoan yang digoreng kering. Mendoan yang digoreng kering itu sudah menjadi penganan baru, juga khas purwokerto, yaitu Kripik Tempe. Seperti mendoan, kripik tempe ini di buat dari tempe khusus yang lebar dan tipis itu. Ini membedakan dengan kripik asal malang atau bandung, dimana kripik tempe mereka mengunakan tempe tebal yang diiris tipis. Selain rasa kripiknya yang menurut saya juga berbeda.Mendoan dan kripik tidak dimasak dengan memakai telur, juga tidak menggunakan kunyit.

*Kemiri
*Bawang Putih
*Ketumbar
*Garam
Dan beberapa pedagang ada yang menambahkan dengan penyedap rasa.

Tepung yang digunakan adalah campuran tepung beras dan tepung terigu dengan perbandingan 1:3 sampai 1:4, dengan terigu yang lebih banyak. Adonan tepung itu kemudian dicampur dengan irisan tipis daun bawang.

Kunci pembuatan mendoan terletak pada penggunaan minyak yang banyak dan sangat panas. Isi minyak 2/3 dari wajan yang anda gunakan, dan tunggu minyak sampai sangat panas sebelum memasukan adonan mendoan.

Perlu diingat, mendoan artinya setengah matang, jadi harus diangkat segera ketika tepung matang dan tidak sampai kering atau kuning kecoklatan. Mendoan paling enak dan nikmat di sajikan dan disantap panas-panas, dan khusus di Purwokerto saya senang dengan aroma daun pisang ketika mendoan disantap di rumah. DAUN PISANG....., Warung-warung yang ada disekitar di Purwokerto biasanya membungkusnya dengan daun pisang, karena masih sangat panas, maka aroma yang muncul dari daun pisang akan menempel pada mendoan itu.
Ada yang menarik lagi, Mendoan di Purwokerto untuk penyantapan atau cara makannya dengan kecap sambel dan juga bisa dengan cabai rawit. Dan ada di beberapa warung pecel, kadang mendoan dinikmati dengan disiram dengan bumbu pecel karena mendoan juga dipakai sebagai pelengkap pecel dikawasan purwokerto.

Carannya adalah...

MENDOAN :

1. Tempe mendoan
2. Tepung Terigu
3. Daun Bawang (Iris tipis-tipis)
4. Penyedap Rasa (secukupnya)

BUMBU :

1. Bawang Putih
2. Ketumbar
3. Garam
4. Kemiri

Selanjutnya Bumbu di haluskan.
Campur tepung terigu, bumbu halus dan daun bawang dalam adonan. Tambahkan air secukupnya, aduk rata adonan untuk menjadi kental, tidak terlalu encer hingga bisa menempel pada tempe. Celupkan satu persatu tempe dalam adonan sebelum di goreng.

Resep Memasak Tempe Mendoan


Nah mudah sekali bukan?. Silahkan anda coba dirumah Resep Memasak Tempe Mendoan ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog Tempe Mendoan Mentah.
Resep Memasak Tempe Mendoan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar