Bupati Banyumas Mengadakan Masak Mendoan Dan Makan Mendoan Massal

Kabupaten Banyumas - Dengan adanya pemberitaan dimedia cetak dan media massa tentang adanya Hak paten atau hak eksklusit terhadap "Mendoan"oleh Fuji wong yang katanya orang Banyumas Asli. Bapak Bupati Banyumas, yaitu Bapak Ir. Husein mengadakan dan menggelar festifal Memasak mendoan dan makan mendoan 2015 bersama secara Gratis dipusat kuliner Pratista Harsa dekat Alun-Alun Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah.

Bupati Banyumas Masak Mendoan Massal

Dalam kegitan festival ini, diikuti oleh banyak peseta yaitu 45 kelompok dari setiap kecamatan yang ada dikabupaten Banyumas, dimana dalam satu kelompok beranggotakan 3 orang ditambah dengan satu orang dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Antusias masyarakat khusunya Banyumas sangatlah banyak dalam agenda acara ini yang digelar oleh Bapak Bupati Banyumas.

masak mendoan khas banyumas

Festival ini dumulai pukul 07.00 WIB hari minggu tanggal 8 November 2015, suasana dilokasipun terlihat ramai, ratusan bahkan ribuan orang memadati pusat kuliner Pratista Harsa ini. Acara ini juga tidak hanya memasak dan makan mendoan bersama saja, namun berbagai hiburan tersaji dalam acara ini. Hiburan dari beberapa grup kentongan dari kabupaten Banyumas yang tampil disana, berjalan sepanjang jalan soedirman yang bertepatan dengan Car Free Day, jadi masyarakat bisa melihat hiburab dan juga memasak. 

Festival masak mendoan khas banyumas

Jutaan Lembaran Mendoan yang tersaji dalam fertival ini yang dimulai dari pukul 7 pagi yang akan dimasak dan disajikan dan disuguhkan kepada masyarakat banyumas dan yang datang pada acara tersebut. Diacara tersebut juga terpasang spanduk bertema " Festival Mendoan Banyumas - Mendoanku, Mendoanmu, Mendoane Wong Banyumas".

Menurut penuturan dari Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi Humas Setda Banyumas yaitu Bapak Wahyono, Mengatakan Bahwa pada agenda Akbar ini yang diselenggarakan Oleh pemerintah Banyumasan yaitu Bapak Ir. Husein selaku Bupati Banyumas, merupakan berntuk perlindungan terhadap makanan Mendoan ini yang sudah terkenal menjadi makanan Khas Banyumas, yang kabarnya sedang dilanda sedikit masalah dari pihak lain yang mengatas namakan mendoan sebagai hak eksklusif merk untuk perseorangan. 

Bupati Banyumas ingin menunjukan bahwa makanan Mendoan ini adalah Milik warga banyumas dan tidak bisa dikuasai nama patennya oleh perseorangan. Karena dengan adanya seperti ini warga masyarakat banyumas khususnya akan merasakan keresahan dari dampak berita ini. Dalam hal ini bapak bupati mengajak warga untuk selalu menjaga kualitas dan kekhasan dari mendoan itu sendiri dan Bapak bupati sudah melayangkan surat untuk pemerintah pusat yang berwenang dalam masalah hak paten merk usaha untuk ditinjau ulang kembali dan harapannya adalah segera dicabut pernyataan hak eksklusif itu.

Save mendoan, mendoan milik warga banyumas dan warga indonesia bukan punya perseorangan.


Bupati Banyumas Mengadakan Masak Mendoan Dan Makan Mendoan Massal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar