Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Tempe - Hai sobat dimana anda berada, saya disini akan membagikan artikel tentang makanan yang terkenal biasa dan kadang jenis makanan ini dikenal sebelah mata. Artikel saya kali ini adalah Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan. 

Tempe Kedelai

Masih banyak orang yang kurang tahu tentang makanan tempe ini, kalau kita telusuri kangdungan yang terdapat dalam tempe ini mempunyai gizi dan vitamin yang luar biasa. Dan kabarnya kandungan nutrisi dalam tempe ini bisa melebihi dari gisi daging sapi. Makanya kalau anda tidak makan daging, tenang saja anda bisa ganti dengan makan tempe ini. 

Banyak sekali keistimewaan dari makanan tempe ini untuk kesehatan tubuh kita, jenis makanan tempe ini juga beraneka ragam, anda pasti tahu dengan namanya tempe mendoan, tempe iris yang berbentuk kotak, ada juga tempe srapah dan masih banyak jenis lainnya. Nah langsung saja saya kasih ulasannya tentang Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan, yuk simak artikelnya dibawah ini :

KANDUNGAN GIZI DARI TEMPE

Makanan tempe ini berasal dari kedelai atau terbuat dari kedelai yang melalui proses fermentasi dengan jamur Rhizopus Oligosporus, mungkin anda kenal juga dengan ragi yang biasanya untuk campuran kedelai yang difermentasi agar menciptakan jamur. Dari info yang kami dapat tempe ini mempunyai kandungan gizi yang sejajar dengan yogurt. Tempe mengandung serat pangan, kalsium, Vitamin B, dan zat besi. Tempe merupakan sumber protein nabati dan mengandung zat antibiotika dan antioksidan yang dapat menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif.

Dalam 100gram tempe mengandung protein 20,8 gram, lemak 8,8gram, serat 1,4gram, kalsium 155miligram, fosfor 326miligram, zat besi 4 miligram, vitamin B1 0,19miligram, karoten 34mikrogram. 

MANFAAT TEMPE BAGI KESEHATAN

Sekarang anda sudah tahu kan kandungan gizi yang terdapat dalam tempe, nah sekarang anda perlu juga mengetahui tentang apa sih manfaat dari tempe ini?, langsung saja yuk simak di bawah ini :

1. Tempe Sebagai Sumber Protein
Tempe merupakan sumber protein yang tinggi dengan kandungan sekitar 18 jenis protein dan asam amino yang mudah dicerna tubuh. Sangat cocok untuk mereka yang menjalani diet dan weight loss seperti para atlet binaraga dan fitness mania.

2. Tempe Bisa Menurunkan Resiko Penyakit Serangan Jantung,
Tempe bisa Menetralkan efek negatif kolesterol jahat karena banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA), niasin, Omega 3 dan 6 sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung (koroner).

3. Tempe Sebagai Sumber Vitamin,
Tempe sebagai sumber vitamin (terutama vitamin B) yang sangat bermanfaat untuk metabolisme sel darah merah, kesehatan kulit dan otot (muscle tone), meningkatkan kekebalan dan fungsi sistem syaraf, meningkatkan hormon pertumbuhan, dan mencegah anemia serta kanker pankeras.

4. Tempe Dapat Menangkal Radikal Bebas,
Tempe bisa sebagai penangkal radikal bebas mencegah berbagai penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, hipertensi, dan lain-lain) dan berbagai jenis kanker (pankreas, prostat dan payudara) sekaligus mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan kuat (3 jenis isoflavon).

5. Tempe Dapat Mencegah Anemia,
Anda rajin Mengkonsumsi tempe dapat mencegah anemia karena kandungan berbagai mineral yang tinggi dan mudah diserap darah sekaligus mencegah osteoporosis.
 
6. Tempe Dapat Mencegah Diare dan Kolera,
Tempe ini bisa Sebagai zat antibiotik dan antibakteri pencegah infeksi bakteri E. coli penyebab diare dan kolera.

7. Tempe Sebagai Serat Pangan,
Tempe ini Mengandung serat yang tinggi sehingga berfungsi mengendalikan kadar gula darah sehingga cocok bagi penderita diabetes.

8. Tempe Dapat Mengatasi Keracunan, 
Tempe ini sebagai zat penawar antidotum atau anti keracunan logam berat (sianida) karena mengandung ion-ion positif seperti halnya pada putih telur dan susu.

9. Tempe bersifat Hipokolesterolemik,
Tempe bersifat Hipokolesterolemik, yaitu tempe dapat membatu menurunkan lipid atau lemak dalam darah.

10. Tempe Dapat Mencegah Perut Kembung,
Tempe dapat Mencegah timbulnya gejala flatulensi (kembung perut) karena mampu menurunkan kadar raffinosa dan stakiosa.

11. Tempe Itu Baik Untuk Semua Umur,
Tempe ini mudah dicerna oleh semua kelompok umur, dari bayi sampai usia lanjut. Enzim pencernaan pun akan dihasilkan oleh Rhizopus oligosporus (kapang tempe) selama proses fermentasi berlangsung, itulah yang membuat tempe lebih nyaman di lambung. 

Nah itu dia informasi dari kami tentang Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan, silahkan anda sekarang bisa mengkomsumsi makanan ini untuk menjaga kesehatan anda. Catatan dari kami yaitu jika anda mengkomsumsi tempe ini sebaiknya dalam pengolahan tempe itu dengan cara direbus, dimasak bacem, disemur, atau sebagai campuran sup, dan kalau digoreng itu usahakan jangan sampai kering atau setengah mateng, agar semua nutrisi yang terkandung dalam tempe itu tidak hilang.

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya dan semoga bermanfaat.
Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

1 komentar:

Samper Fidelity mengatakan...

Tempe memang terkenal kaya akan gizi, akan tetapi berhati hatilah jangan sampai kebanyakan seperti di link ini : Kenapa makan tempe berbahaya

Posting Komentar