Mendoan Milik Bersama Bukan Milik Perseorangan | Mendoan Khas Banyumas

Ciri Khas makanan jawa tengan khususnya di Banyumas sangatlah banyak, contohnya ada tempe mendoan, getuk sokaraja, kripik tempe, dan masih banyak lagi. Disini saya akan membahas tentang makanan yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat indonesia, khususnya di Banyumas sendiri. Jawa Tengah memiliki cara khas dalam membuat tempe yang dikenal yaitu Tempe Mendoan atau bisa disebut "Mendoan" saja. 

Tempe Mendoan Banyumas

Namun belakangan ini saya dan rekan-rekan pengusaha tempe mulai merasa tidak nyaman dengan berita yang sedang ramai beredar di media elektronik dan media massa. Yang kabarnya mendoan itu bukan lagi milik warga banyumas namun sekarang makanan mendoan ini sudah menjadi hak paten perseorangan. Pengen tahu siapa orang yang mengklaim atau menjadikan mendoan itu menjadi hak paten miliknya, ini saya perkenalkan orangnya, katanya sih orang purwokerto asli, tapi saya tidak tahu pasti keturunan mana.

Fuji Wong

Fuji Wong ini adalah salah satu orang purwokerto yang mengambil hak paten atas mendoan. Dia mendaftarkan Hak eksklusif merek dagang ke kementrian Merk. Hak eksklusif merek ini mengantongi nomor sertifikat IDM000237714 yang terdaftar pada 23 Februari 2010 dan berlaku hingga 15 Mei 2018.

Dari situlah warga khususnya dibanyumas yaitu pedagang atau pengusaha tempe mendoan merasa galau dan tidak nyaman. Dan saya sendiripun tidak setuju akan hak paten yang sudah dipegang oleh fuji wong ini. Saya diundang di acara ANTV dalam program "Selamat Malam Indonesia", disitu saya diundang untuk mewakili warga banyumas untuk melontarkan ketidak setujuan saya tentang hak paten tersebut.

Dalam acara tersebut juga ada Ditjen Merk atau Direktur Merk yang mengurusi hak hak paten para pengusaha se Indonesia. Dan dalam acara tersebut saya melontarkan pernyataan ketidak setujuan saya mengenai hak eksklusif Merk itu biar ditinjau ulang kembali. Dan dari pihak Merk akan segera mencabut hak paten tersebut. Dari informasi mediapun, Bapak Bupati Banyumas juga mengatakan bahwa makanan khas Banyumas ini tidak dapat atau tidak boleh dipatenkan, karena kata mendoan adalah kata makanan yang umum dan mendoan ini sudah menjadi khas kota banyumas yang tidak layak untuk dimiliki oleh perseorangan saja. Mendoan adalam milik bersama, tutur dari Bapak Husain selaku Bupati Banyumas.

Mendoan sendiri berasal dari bahasa Jawa Banyumasan yaitu 'mendo' yang berarti lembek atau belum jadi/setengah matang. Tempe khas ini sengaja dibikin secara tipis dan lebar, bukan tempe biasa lalu dipotong tipis-tipis.

Dalam mengolahnya, mendoan ini harus dicampur tepung yang telah diberi bumbu. Karena mendoannya tipis, maka tepungnya cukup tebal. Dalam menggoreng, mendoan cukup dipanaskan dalam minyak mendidih tidak sampai lima menit. Hasilnya, mendoan ini tampak setengah matang dan berbeda dengan menggoreng tempe pada umumnya yang sampai kering. Oleh sebab itu dinamakan mendoan. Cara membuat tempe mendoan dan menggoreng ini telah turun temurun sejak dahulu kala.

Mendoan ini cocok dimakan saat masih panas dengan cabai rawit/sambal, baik sebagai lauk atau sebagai teman minum teh/kopi. Di berbagai sudut kota Purwokerto/Banyumas, mendoan menjadi menu pendamping untuk soto, bakso atau nasi rames. Beberapa warung angkringan di Banyumas, mendoan menjadi menu utama selain menu nasi/gorengan dan mereka buka hingga dini hari. Pemilik kedai menggoreng mendoan di warung tendanya dan menyajikan dalam kondisi panas.

Mendoan kini juga telah merambah Jakarta. Di beberapa sudut Jakarta, mendoan dijual dalam bentuk siap makan di gerobak atau di mobil pikup, bersanding dengan menu gorengan lainnya. Namun, mendoan yang dijual di Jakarta biasanya bukan asli mendoan Banyumas karena berasal dari tempe yang diiris tipis-tipis. Namun menggorengnya ala mendoan.

Bagi anda yang ingin membuka usaha mendoan atau ingin merasakan mendoan khas banyumas bisa hubungi kami di : Cara Pemesanan Tempe Mendoan.

Terima kasih sudah berkunjung di blog kami dan jangan lupa baca artikel yang lain. Sampai jumpa di artikel saya yang lainnya, yang pasti tidak kalah heboh dan kerennya. Semoga bermanfaat.

Mendoan Milik Bersama Bukan Milik Perseorangan | Mendoan Khas Banyumas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar